Wikipédia:Pasangkepan

Saking Wikipédia
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kopi hitam susu.jpg

Kaca pasangkepan puniki kaanggén ragané matakon utawi rembug mawit topik Wikipédia Basa Bali.

Rembug topik basa Bali miwah topik terjemahan dados ring Pasangkepan Basa.


Pembuatan ruang nama Portal (Kori)[uah wit]

Halo semua. Mohon maaf saya menyampaikan ini dalam bahasa Indonesia, karena kemampuan bahasa Bali saya masih kurang.

Saya mengusulkan pembuatan ruang nama baru untuk Wikipedia Bali, yaitu Portal atau Kori sebagaimana sudah dipakai pada halaman Kori sekaa pada menu di sebelah kiri layar.

Latar belakang

Komunitas telah lama menggunakan halaman Kori:Sekaa sebagai halaman muka komunitas. Namun, karena belum ada ruang nama Kori: (= Portal:), maka halaman Kori:Sekaa masih dianggap sebagai halaman artikel, padahal halaman tersebut bukan halaman artikel. Hal ini dapat dilihat pada statistik 100 artikel paling banyak dilihat di Wikipedia Bali, Kori:Sekaa menempati urutan ke-5 sebagai "artikel" yang paling banyak dilihat.

Sekilas tentang ruang nama Portal/Kori

Ruang nama Portal digunakan sebagai wadah bagi berbagai Halaman Muka (seperti Kaca Utama), namun untuk topik-topik khusus, misal di masa mendatang ada Kori:Lontar Bali (halaman muka untuk topik lontar Bali), Kori:Pariwisata di Bali (halaman muka untuk topik pariwisata di Bali), Kori:Sastrawan bahasa Bali (halaman muka untuk topik sastrawan di Bali), Kori:Hindu Bali (halaman muka untuk topik Hindu Bali). Halaman-halaman muka ini berguna bagi pembaca Wikipedia Bali yang memiliki minat suatu topik. Diharapkan pembaca tertarik berkontribusi setelah menyambangi halaman muka dengan topik yang diminati.

Di Wikipedia Bali, ruang nama Portal/Kori baru digunakan untuk satu halaman, yaitu Kori:Sekaa yang merupakan halaman muka untuk topik komunitas pengembang Wikipedia Bali. Di Wikipedia lain, misalnya Wikipedia Indonesia, ruang nama Portal/Kori sudah digunakan untuk berbagai halaman muka, seperti id:Portal:Lady Gaga, id:Portal:Kota Ambon, id:Portal:Wayang, id:Portal:K-pop. Dengan adanya ruang nama Portal/Kori, pada masa mendatang Wikipedia Bali dapat lebih leluasa membuat lebih banyak halaman muka dengan topik tertentu.

Halaman-halaman muka di ruang nama Portal/Kori (begitu juga Kaca Utama) tidak harus merupakan halaman dinamis (yang harus diperbarui setiap waktu). Tergantung kesanggupan komunitas untuk memperbaruinya. Suatu halaman muka di ruang nama Portal/Kori (misal Kori:Lontar Bali) bisa saja dibuat sampai bagus dalam suatu kesempatan, kemudian dibiarkan begitu saja. Yang demikian bukanlah masalah. Yang penting diingat adalah halaman-halaman muka di Portal/Kori digunakan untuk pembaca dengan minat khusus, dan secara teknis halaman-halaman tersebut tidak dianggap sebagai artikel.

Bantuan teknis

Andaikata sukarelawan Wikipedia Bali memiliki gagasan membangun Kori:Lontar Bali misalnya, namun tidak mampu secara teknis, boleh mengajukan permohonan bantuan teknis ke Wikimedia Indonesia melalui bit.ly/wmid-borangteknologi.

Penamaan

Untuk penamaan, saya mengusulkan menggunakan nama yang sudah ada, yaitu Kori sebagai terjemahan dari Portal, dan Pabligbagan Kori sebagai terjemahan Pembicaraan Portal (halaman untuk mendiskusikan portal terkait)

Cahyo (WMID) (pabligbagan) 6 Januari 2021 12.28 (WITA)

Pemungutan suara[uah wit]

Waktu pemungutan suara akan dibuka selama dua minggu sampai dengan tanggal 23 Januari 2021. Terima kasih.

Setuju[uah wit]

Beri suara {{Cumpu}} di bawah ini apabila setuju, sertai tanda tangan (ketik ~~~~).

  • Cumpu Kalau hanya buat penamaan. Tapi tidak untuk membuat portal2 lainnya. Joseagush (pabligbagan) 8 Januari 2021 19.32 (WITA)
  • Cumpu Yén wantah pangaranan kemanten, sakewanten antuk ngurusin akéh kori durung marsidayang. Chinamoonroll (pabligbagan) 11 Januari 2021 15.51 (WITA)

Tidak setuju[uah wit]

Beri suara {{Ten cumpu}} di bawah ini apabila tidak setuju, sertai tanda tangan (ketik ~~~~).

Abstain[uah wit]

Tanda tangan (ketik ~~~~) apabila abstain.

Diskusi[uah wit]

Pendapat terkait usulan di atas, silakan sampaikan di bawah ini.

Joseagush[uah wit]

@Cahyo (WMID):, Beberapa hal yang membuat saya keberatan:
  • Pertama, siapa yang nantinya akan mengurus dan mengawasi ruang2 Portal ini? Apakah pihak pengusul sudah memperkirakan dengan mempertimbangkan tingkat keaktifan dan pengetahuan komunitas terkait ruang nama (namespace) Portal/Kori ini atau hanya sekedar mengusulkan tanpa mau ikut bertanggungjawab mengurus ruang2 tersebut?
  • Kedua, Pihak pengusul juga sudah tidak aktif terlibat di wikipedia ini dan datang dengan tiba2 meminta komunitas mengurus ini atas pertimbangan apa? Kealpaan pengusul? Karena jelas perubahan nama ini sudah pernah dibahas sebelumnya dari bulan Mei 2019, bulan Mei 2020 (bukti di grup WA) tapi tidak pernah ditanggapi pengusul sendiri selaku koordinator komunitas dari WMID ketika itu (masih menjabat).
  • Ketiga, berkaca dari Wikipedia bahasa Indonesia saja, yang jumlah kontributor aktifnya ribuan, terdapat portal utama yang tidak terurus. Apakah dengan adanya ruang Portal pada wikipedia kecil yang diisi sebagian besar hanya oleh dua orang ini dapat menjamin 100%, Wikipedia Basa Bali sebagai ensiklopedi semakin dikenal sebagai situs tepercaya?
  • Keempat, Waktu dan tenaga komunitas saat ini terbatas dan dialokasikan sepenuhnya untuk proyek2 Wiki seperti WikiSource dan WikiLontar dalam menunjang konservasi, preservasi dan katalogisasi lontar dan budayanya. Apakah Portal2 ini memberikan solusi atau hanya sekedar tambahan tanggungjawab bagi kami mengurus hal2 yang selayaknya tidak diperlukan?

Demikian beberapa masukan dari saya. Semoga dapat melihat dari kacamata yang lebih besar alih2 mudah tersinggung dan keluar grup WA. Terima kasih.Joseagush (pabligbagan) 8 Januari 2021 19.32 (WITA)

Keputusan[uah wit]

Sudah 2 minggu. Usulan ini saya tutup karena tidak mendapatkan dukungan komunitas yang cukup. Mempertimbangkan juga pendapat di atas, usulan ini berpotensi memberatkan komunitas yang sedang mengerjakan program-program lain sehingga sebaiknya tidak dilanjutkan. Cahyo (WMID) (pabligbagan) 20 Januari 2021 13.53 (WITA)

Message from Barry Nyoman Marshall[uah wit]

Niki silih tunggil pesan ring Facebook indik Basa Bali saking Barry Nyoman Marshall. Mogi-mogi dados daging masangkep.

The Balinese language as the language of Bali is as doomed as the dodo. There will be residual pockets where it will be spoken for perhaps a couple of centuries and will be studied, no doubt, by linguists. The rate at which the use of the Balinese language has been discontinued in the south of Bali, in particular, is staggering.

The change in the Balinese spoken has also altered considerably in recent years. The Balinese greetings now are a reflection of the influence being exerted by Islam and Indonesian.

In the eighties when I learned my Balinese I never heard anyone use the greeting, 'Om, suastiasu' which reflects the 'assalam alaikum' of Islam. It was nearly always, Kal kija? / Jagi lunga kija? (Where are you going?) to a person on the move and more formally when running into someone at an event, Wau rauh? (Just arrived?). People would have looked at you funnily if you'd have said, Rahajeng semeng! (good morning!) back in the eighties!

What makes Indonesian so attractive to so many Balinese is the fact that it is not complicated by having different levels. In the past when villagers rarely, if ever, moved beyond their immediate area (perhaps being bounded by the villages connected by a 3 day rotation of market days) they were familiar with everyone with whom they met. They were comfortable in their use of language. The imperatives of making a living in modern Bali has meant the breaking down of an economy of self sufficiency. The difficulty of forever having to ascertain another person's caste in the workplace and adjusting your language for it to be appropriate in the traditional sense made the use of Indonesian that much more practical and popular.

The modern English language eventually crushed all opposition by the advent of the printing press and its use by William Caxton in Westminster, London in 1476. To be sure there are still vestiges of regional languages but, by and large, they have been subsumed by what was the regional language of London.

Having said this I wish all best to those of us who are working toward the preservation of this wonderful language. Joseagush (pabligbagan) 11 Januari 2021 14.22 (WITA)

Undangan urun pikiran dalam konsultasi Kode Etik Universal[uah wit]

Salam,

Anda diundang untuk ikut urun pikiran dan gagasan pada proses konsultasi tahap kedua Kode Etik Universal (UCoC). Konsultasi tahap kedua UCoC akan berfokus pada perumusan mekanisme penerapan dan penegakan yang efektif dan berlaku bagi seluruh proyek-proyek Wikimedia. Tahap kedua ini penting mengingat UCoC merupakan salah satu mandat utama dari proses Strategi Gerakan Wikimedia dan akan menjadi standar minimum bagi kebijakan tingkah laku di proyek-proyek Wikimedia. Komunitas bahasa Bali, sebagai bagian dari komunitas Wikimedia di Indonesia, akan memainkan peran yang penting dalam penegakan UCoC berdasarkan nilai-nilai lokal, pengalaman terdahulu, ingatan institusional, dan kearifan budaya yang berlaku di sini.

Kami menyediakan beberapa bahan bacaan yang dapat membantu Anda mengetahui dasar-dasar mengenai UCoC. Anda dapat membaca rancangan akhir UCoC yang disusun oleh komite staf dan sukarelawan Wikimedia; laporan akhir dari konsultasi tahap pertama mengenai perumusan UCoC; dan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan terkait UCoC (FAQ).

Anda dapat berpartisipasi dengan berkomentar di halaman permohonan pendapat, yang akan dibuka sampai akhir bulan Februari 2021. Namun, bila Anda memiliki pertanyaan lain atau ingin menyampaikan respon yang dirasa lebih sesuai disampaikan pada ruang privat, silakan kirimkan surel atau tinggalkan pesan di halaman pembicaraan saya untuk mengatur cara komunikasi yang lebih sesuai dengan kondisi Anda.

Kami memohon maaf karena keterbatasan sumber daya, diskusi hanya dapat diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan tidak dalam bahasa-bahasa daerah lain yang dipertuturkan di Indonesia. Namun, Anda amat dianjurkan untuk berkomentar dan menyampaikan pendapat sesuai dengan kondisi komunitas Bali.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda. Kami menunggu sumbangan pemikiran dan pendapat yang baik, dalam rangka membuat gerakan Wikimedia sebuah tempat yang lebih nyaman bagi semua orang.

Salam hangat, RamzyM (WMF) (pabligbagan) 18 Januari 2021 07.44 (WITA)

Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2020[uah wit]

Spanduk Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2020.png

Tahun 2020 telah berlalu, tidak terhitung betapa banyaknya jasa sukarelawan Wikimedia dalam upaya membebaskan pengetahuan bagi khalayak Indonesia khususnya, dan khalayak dunia pada umumnya.

Wikimedia Indonesia berterima kasih kepada para sukarelawan Wikimedia yang telah turut serta berurun daya, waktu, ilmu, dan sebagainya. Karena itu, terlintas di benak kami perlunya penganugerahan penghargaan kepada sukarelawan terbaik. Untuk itu, diadakanlah Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2020 ini.

Sisihkan waktu Anda sejenak untuk memberikan kepada kami rekomendasi siapakah yang menurut Anda layak mendapatkan Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2020 melalui tautan berikut ini: bit.ly/wmid-penghargaansukarelawan2020

Salam, Hillun Vilayl Napis (WMID) (pabligbagan) 20 Januari 2021 16.33 (WITA)